Salah satu jenis kayu yang perlu Anda ketahui adalah solid wood. Jenis material tersebut merupakan kayu yang diolah secara langsung dari jenis pohon tertentu.

Kayu solid cukup digemari karena dinilai memiliki tingkat keawetan yang tinggi. Terdapat berbagai jenis solid wood yang sering digunakan sebagai material furniture, seperti kayu oak, kayu jati, kayu mahoni, kayu sungkai, kayu pinus dan bambu.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan furniture berbahan kayu solid, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya dari material tersebut. Yuk mari disimak!

Kelebihan Kayu Solid

1.Daya Tahan

Kelebihan dari kayu solid terletak pada sisi ketahanannya. Kayu solid dapat bertahan hingga lebih dari 15 tahun, tergantung dari kondisi cuaca dan perawatannya.

Solid Wood juga tahan terhadap air dalam jangka waktu yang relatif lama, asalkan tidak terendam selama berbulan-bulan.

Kayu solid juga kuat menahan serangan suhu panas dan hujan serta perubahan cuaca yang ekstrim lainnya. Hal ini disebabkan karena kayu solid memiliki pori kayu yang lebih halus dan lebih padat sehingga akan mengurangi kerusakan yang terjadi akibat hujan, rayap dan juga jamur.

2.Arsitektur

Secara arsitektur, kayu solid juga memiliki keindahan warna natural yang menjadi ciri khasnya. Tampilan yang sangat menarik tentu dapat kayu solid sajikan dengan apik pada interior ruangan sobat. Kayu sendiri merupaka material serat alam yang memiliki penampilan cantik.

Dibandingkan dengan serat alam lainnya seperti bamboo, rotan atau pelepah pisang, kayu solid akan memberikan tampilan ketajaman yang menawan ketika dilapisi cat.

3.Warna

Warna natural yang diberikan tentu bersifat netral di semua tampilan gaya.Selain itu, kayu ini juga relative mudah dibentuk dan diproses untuk berbagai macam desain yang sobat inginkan.

Penggunaan material kayu solid akan memberikan kesan hangat pada ruangan. Selain itu, kayu ini juga relatif mudah dibentuk dan diproses untuk berbagai macam desain yang diinginkan.

 

Kekurangan Kayu Solid

 

1.Perawatan

Hal yang menjadi kekurangan dari penggunaan kayu solid ini adalah karena perawatannya yang harus apik dan juga telaten sehingga terkadang akan memakan biaya yang cukup tinggi.

Material kayu solid tidak bisa terkena paparan sinar matahari secara langsung dengan suhu yang terlampau tinggi. Selain itu bahan itu juga tidak tahan terhadap kelembapan yang tinggi pula.

Kelembaban yang terlalu tinggi akan mengembangkan kayu hingga retak, sementara suhu yang terlalu rendah akan mengerutkan kayu sehingga memungkinkan tumbuhnya jamur

Walaupun material kayu solid memiliki resin yang tahan terhadap rayap namun perawatan juga harus tetap di nomor satukan.

Furniture dari kayu solid haruslah dilapisi oleh cat yang membentuk lapisan coating di luar untuk mencegah jamur atau rayap dari dalam substrate kayu.

2.Harga

Selain itu semua, kekurangan yang dihadapi konsumen furniture atau material kayu solid adalah harganya yang cukup tinggi.

Kayu solid merupakan kayu yang berkualitas tinggi dan dapat menghasilkan produk yang memiliki nilai yang tidak kalah tinggi. Seperti contoh, membeli kayu jati yang sudah berumur puluhan tahun maka harga dari kayu jati tersebut akan sangat mahal.

Kayu solid yang mahal tentu sesuai dengan kualitas yang diberikannya. Meskipun mahal, sebenarnya kayu solid memiliki harga yang bermacam-macam. Ada yang dijual perbatang ada juga yang per meter kubik.

 

Seperti itulah beberapa keunggulan dan kelemahan dari Solid Wood secara umum, semoga bermanfaat.